Search

FeedBurner FeedCount

Jumat, 11 Mei 2012

Yoghurt : Minuman Sehat untuk Anda


Apakah itu yoghurt?
Yoghurt merupakan produk olahan  susu yang diperoleh dari memfermentasi susu menggunakan bakteri lactobacillus (umumnya lactobacillus bulgaricus ). Yoghurt merupakan salah satu produk bioteknologi konvensional (sederhana) sehingga mudah untuk dilakukan oleh siapapun.
                               
Yoghurt merupakan minuman sehat untuk anda. Yoghurt kaya protein, memiliki kandungan kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12.

Berbagai manfaat yoghurt dapat dilihat dibawah ini.

Menyehatkan pencernaan
Berdasarkan hasil penelitian, yoghurt dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, radang usus, kanker usus atau intoleransi laktosa.

Mengurangi risiko terjadinya infeksi pada vagina
Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.

Menurunkan risiko darah tinggi
Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Mencegah osteoporosis
Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat membentu seseorang terkena osteoporosis.

Membantu kita lebih kenyang
Kandungan kalori yang terdapat dalam yoghurt manjadikan yoghurt makanan yang dapat membantu sesorang merasa lebih kenyang.

Yoghurt sangat cocok bagi penderita intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa ialah suatu kelainan dimana tubuh tidak mampu untuk mencerna laktosa (gula susu). Sewaktu seseorang mengkonsumsi laktosa yang terdapat dalam susu dan produk-produk sejenisnya maka bakteri dalam usus besar mengubah laktosa itu menjadi asam laktat dan karbon dioksida. Dalam waktu 30 menit saja, timbul gejala-gejala umum, yang mencakup mual, kejang otot, kembung, dan diare.

Namun, yoghurt berbeda. yoghurt mengandung mikroorganisme yang mensintesis laktase, dan ini membantu pencernaan laktosa. Sehingga yoghurt lebih mudah dicerna daripada susu. Akhirnya, penderita intoleransi laktosa dapat mencernanya tanpa mengalami gangguan.

Walaupun yoghurt memiliki rasa sedikit asam, namun Anda dapat memperoleh manfaat melalui yoghurt. Sekarang  banyak produk yang dibuat dari yoghurt yang menambah kenikmatan dan cita rasa dari yoghurt seperti frozen yoghurt.  Serta berbagai yoghurt dengan rasa buah. Ingat, konsumsi yoghurt dapat membuat tubuh Anda lebih sehat.
Bagaimana menurut Anda?

Sekadar berbagi,
Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More