Search

FeedBurner FeedCount

Rabu, 09 Mei 2012

Penyakit dan Kelainan pada Sistem Peredaran Darah


Hallo kawan :D
Kesempatan kali ini saya akan mencoba menshare tentang kelainan atau penyakit yang menyerang peredaran darah. Namun, saya hanya mennyebut namanya definisi secara singkat. Untuk lebih detail silahkan ikuti update – update selanjutnya :D

Langsung deh :D

Hemofilia
Hemofilia merupakan kelainan dimana darah sukar untuk membeku. Sehingga apabila terjadi luka darah akan sukar membeku. Hemophilia terjadi karena ada kelainan sistem pembekuan darah dan merupakan penyakit keturunan.

Anemia
Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah (eritrosit). Sehingga berdampak pada berkurangnya hemoglobin (zat pengikat oksigen). Penyakit ini bisa disebabkan oleh kuangnya zat besi atau karena terserang malaria dan cacing tambang.

Eritroblastosis fetalis
Disebut juga penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Disebabkan oleh rusaknya sel – sel darah oleh zat penggumpal darah pada darah ibu. Penyakit ini terutama disebabkan oleh perbedaan faktor Rh (Rhesus) antara darah ibu dan janin.

Polisitemia
Berlebihnya volume sel darah merah. Sehingga meningkatkan kekentalan darah. Akibatnya, aliran darah terganggu dan kerja jantung meningkat.

Leukemia
Berlebihannya jumlah sel darah putih karena pembelahan yang tidak terkontrol. Penyakit ini disebabkan oleh kanker yang menyerang jaringan penghasil sel darah putih.

Leukopenia
Turunnya jumlah sel darah putih dalam tubuh. sehingga akan menurunkan kekebalan tubuh.

Talasemia
Meupakan kelainan dimanan daya ikat eritrosit terhadap oksigen rendah. Terjadi karena kegagalan pembentukan hemoglobin. Penyakit ini bersifat menurun.

Sklerosis
Merupakan penyakit akibat penyempitan pembuluh nadi karen endapan lemak (aterosklerosis) atau kapur (ateriosklorosis). Sclerosis yang terjadi pada pembuluh jangtung (koronariasis) dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Sedangkan pada pembuluh darah otak dapat mengakibatkan stroke.

Trombus dan embolus
Merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh penggumpalan di dalam pembuluh nadi jantung.

Varises
Pelebaran pembuluh darah vena yang umumnya terjadi di betis. Varises yang terjadi disekitar anus disebut ambeien (hemoroid).

Kebocoran katup jantung
Kelainan ini disebabkan suatu infeksi sehingga katup jantung tidak dapat menutup dengan baik sehingga bocor.

Hipertensi
Disebut juga tekanan darah tinggi. Ditandai dengan tekan sistol/diastol yang melebihi 130/80 mmHg dalam waktu yang lama dan biasanya diikuti oleh rasa pusing. Hipertensi bisa merupakan imbas dari aktivitas yang berat, berpikir yang keras, dan penyempitan pembuluh darah. Apabila tekanan sangat kuat kuat (tinggi) maka dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah.

Hipotensi 
Hipotensi merupakan kebalikan dari hipertensi. Yaitu, tekanan darah rendah. Pada kondisi ini tekanan sistol/diastol kurang dari 100/50 mmHg. Hipotensi juag diikuti oleh pusing dan badan terasa lemas tidak bertenaga dan bergairah.

Stoke
Merupakan penyakit kaku yang menyerang anggota tubuh. diakibatkan oleh berhentinya suplai darah ke otak. Berhentinya suplai darah bisa diakibatkan adanya penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah.

AIDS (aqquired immune deficiency syndrome)
Menurunny kekebalan tubuh akibat infeksi HIV (human immunodeficiency virus) pada sel darah putih. Sehingga penderita tidak mampu lagi melawan semua bentuk infeksi.

Demikian penjelasan singkat (malahan sangat singkat) saya tentang berbagai penyakit dan kelainan yang menyerang system peredaran darah. Jangan lupa untuk terus ikuti update blog ini untuk mengetahui penjelasan yang lebh jelas ten tang penyakit dan kelainan yang sudah saya sebutkan diatas.

Sekadar berbagi
Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More