Search

FeedBurner FeedCount

Senin, 30 April 2012

Antibodi : Pertahanan Terakhir dalam Melawan Zat Asing


Kali ini sya akan berbagi mengenai antibodi. Apa itu antibodi? Antibodi merupakan zat yang dihasilkan oleh sel darah putih (Sel plasma limfosit B) yang digunakan untuk melawan atau melumpuhkan zat asing yang memasuki tubuh. antibody tidak langsung diaktifkan, antibody akan aktif jika memang diperlukan. Hal ini karena tubuh anda masih memiliki berlapis – lapis pertahanan.

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, antibodi dikeluarkan oleh salah satu sel darah putih. Yaitu limfosit. Limfosit sendiri dibagi menjadi dua yaitu limfosit T dan limfosit B. yang membedakan keduanya adalah tempat pematangannya. Limfosit T (Thimus) matang di kelenjar timus (kelenjar di leher). Sedangkan limfosit B (Bone) matang di sumsum tulang. Selain itu, limfosit T lebih giat berpatroli mengelilingi tubuh dan langsung menyerang zat asing. Jika sudah tidak mampu barulah limfosit T akan memanggil limfosit B untuk mengeluarkan antibodi

Sel B dilapisi pula oleh protein yang disebut immunoglobulin. Protein ini sangat spesifik terhadap antigen. Immunoglobulin disebut juga antibodi. Jenis anti bodi yang bekerja di tubuh meliputi : IgA, IgD, IgE, IgG, IgM. Mereka memiliki fungsi masing – masing yang berbeda reseptornya.

Respon kekebalan yang diperantarai oleh sel B disebut Respon Humoral. Namun dalam respon ini sel B tidak bekerja sendiri. Sel B akan dibantu oleh sel T helper. Sel T helper akan memanggil sel B untuk datang dan berdiferensiasi membentuk sel B memori dan sel B plasma yang menghasilkan antibodi.

Antibodi memiliki empat rantai polipeptida yang terdiri dari dua rantai panjang dan tebal serta dua rantai pendek dan tebal yang identik, dan dihubungkan oleh jembatan sulfida sehungga membentuk molekul seperti huruf Y. Struktur tersebut akan memudahan antibodi untuk menangkap antigen dan mematikannya.

Dalam mematikan antigen, antibodi melakukan salah satu cara meliputi: membentuk kompleks antigen (zat asing) antibodi, netralisasi, opsonisasi, aglutinasi, presipitasi, fiksasi komplemen, umpan balik positif.

Dalam netralisasi antibodi berikatan dan menghambat aktivitas zat asing. Dalam opsonisasi, antibodi yang terikat dengan antigen akan meningkatkan petautan makrofag ke mikroba yang juga meningkatkan fagositosis. Aglutinasi merupakan penggumpalan antigen yang dperantarai oleh antibodi yang secara efektif menetralkan dan mengopsonisasi zat asing tersebut.

Sekian edisi kali ini, hehe :)
Bagaimana menurut Anda?
Sekadar berbagi, semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More