Search

FeedBurner FeedCount

Kamis, 03 Mei 2012

Pembuluh Darah : Jalan Raya dalam Tubuh Anda


Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai pembuluh darah. Suatu organ tubuh yang sangat berperan dalam transportasi darah, makanan, imun, dan oksigen. Langsungu ya!

Anda tentu tahu darah merupakan media transportasi di dalam tubuh. Darah juga memiliki jalannya sendiri. Jalan darah ini disebut pembuluh darah. Pembuluh darah ini menyambungkan jantung ke seluruh bagian tubuh. Sama halnya seperti jalan raya yang menghubungkan antar kota antar provinsi. Pembuluh darah mendukung keberlangsungan pengiriman zat melalui darah. Sehingga, bila system peredaran darah terganggu maka system yang lain dalam tubuh pun juga akan terganggu.

Dalam tubuh, pembuluh darah terbagi atas pembuluh arteri, pembuluh vena dan kapiler. Ketiga pembuluh tesebut saling berhubungan membentuk sistem yang saling berhubungan.

Yuk, dibahas satu – persatu !

Pembuluh Arteri
Arteri merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke organ – organ tubuh. Arteri memiliki dinding yang tebal, berotot, dan elastis. Struktur demikian berguna untuk menahan tekanan yang tinggi terhadap aliran darah yang melewatinya. tekanan yang sangat tinggi ini terjadi  akibat kontraksi otot – otot ventrikel jantung.

Arteri bercabang – cabang menjadi arteriol. Arteriol tersebut akan berhubungan dengan kapiler.  Lapisan – lapisan otot polos yang terdapat dalam arteri dan arteriol diameternya dapat berubah sesuai dengan perintah system saraf simpatetik. Dengan begitu, jumlah darah yang mengalir melalui pembuluh arteri dapat disesuaikan dengan kebutuhan jaringan – jaringan setempat.

Pembuluh Kapiler
Pembuluh Kapiler merupakan pembuluh – pembuluh tipis dengan stuktur dindingnya hanya berupa selapis sel struktur demikian memungkinkan molekul yang berukuran kecil dapat melewatinya dengan bebas. Karena ukurannya yang sangat kecil beberapa kapiler dapat berinfiltrasi ke dalam jaringan. Diperkirakan, luas permukaan pembuluh kapiler dapat mencapai 1.000 m2. Namun, efek sampingnya pembuluh ini mudah untuk pecah.

Beberapa molekul seperti air, karbon dioksida, dan oksigen dapat melewati kapiler dengan bebas melalui difusi. Namun beberapa molekul yang lainnya melalui tranfor aktif. Kapiler merupakan penyambung antara arteriol dan venula. Di pembuluh ini juga ditemukan volume darah terbesar.

Pembuluh Vena
Vena merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jaringan tubuh kembali ke jantung. Vena memiliki katub – katub disepanjang pembuluh. Katub – katub tersebut akan menahan adarah untuk tidak kembali ke jarinagan.

Vena biasanya Nampak berupa garis berwarna biru pada kulit. Tekanan darah dalam vena lebih kecil Daripada pembuluh arteri. Dinding pembuluh vena tidak berotot. Sehingga keberadaan katub akan membantu aliran darah kembali ke jantung. Serta kontraksi otot rangka juga sangat membantu.

Bagaimana menurut anda?
Sekadar berbagi, semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More