Search

FeedBurner FeedCount

Jumat, 04 Mei 2012

Peredaran Darah : Jalur Darah dalam Tubuh

Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai peredaran darah pada tubuh. artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya mengenai jantung dan pembuluh darah. Ya biar tambah lengkap dang berkesinambungan gitu. Hehe :D

Langsung saja ya!

Peredaran darah pada manusia dan mamilia disebut sistem kardiovaskuler. Pada manusia kususnya memiliki peredaran ganda dan tertutup. Ganda karena melalui jantung sebanyak dua kali. Disebut tertutup karena selalu berada dalam organ peredaran darah. Peredaran darah ini juga dibagi menjadi peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Peredaran Darah Kecil
Peredaran darah kecil merupakan peredaran darah dari jantung menuju paru – paru kembali ke jantung. Darah miskin oksigen yang ada dalam ventrikel kanan akan dipompa ke paru – paru melalui arteri pulmonalis. Dalam alveolus paru – paru terjadi pertukaran gas karbon dioksida dengan oksigen. Kemudian darah kaya oksigen menuju atrium kiri jantung melalui vena pulmonalis.

Peredaran Darah Besar
Peredaran darah besar merupakan peredaran darah dari jantung menuju sel tubuh kembali ke jantung. Darah kaya oksigen dalam ventrikel kiri akan dipompa memasuki aorta. Di aorta terdapat cabang – cabang pembuluh yang akan mengalirkan dara ke bagian tertentu. Darah akan melalui pembuluh arteri dialirkan meuju jarinagan. Kemudian memasuki kapiler dan terjadi oksidasi. Gas karbon dioksida hasil oksidasi dibawa kembali ke jantung melalui vena. Darah itu kemudian diterima oleh atrium kanan.

Nah demikian kiranya yang bisa saya bagikan mengenai peredaran darah.
Bagaimana menurut anda?
Sekadar berbagi, semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More