Search

FeedBurner FeedCount

Jumat, 11 Mei 2012

Lemak Sahabat Anda


Selama ini pastilah anda bahkan saya menganggap bahwa lemak adalah zat harus dihindari. Namun, ternyata pernyataan ini salah. Lemak bisa menjadi sahabat anda.  Asalkan anda bisa memilah memilih untuk mengonsumsi lemak baik. Sehingga lemak baik akan membantu hidup anda.

Lemak dalam tubuh memang diperlukan. Lemak dapat berfungsi sebagai pelindung dan bantalan organ, sumber energi, menjaga suhu tubuh, nutrisi otak, bahan pembuatan hormon steroid (hormone kelamin), indikator kerja hormon leptin (perangsang nafsu makan), dan pelarut vitamin (A, D, E, K). Anda harus ingat bahwa manfaat lemak dapat anda peroleh jika anda dapat mengkonsumsi lemak sesuai aturan dan seimbang dengan zat – zat lain yang diperlukan oleh tubuh. Ya, harus seimbang dengan karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan air.

Perlu anda ketahui beberapa jenis lemak yang terdapat pada makanan. Hal ini sangat penting agar anda bisa menyeimbangkan konsumsi lemak anda. Berikut adalah beberapa jenis lemak dan contoh makanan yang mengandungnya.

Monounsaturated Fatty Acid (MUFA)
Dikenal juga dengan nama lemak tak jenuh ikatan tunggal. Lemak ini memberikan manfaat baik untuk tubuh dan dapat dikonsumsi setiap hari. Jenis lemak ini terdapat pada kacang-kacangan seperti almond, buah alpukat dan minyak zaitun.

Poltunsaturates Fatty Acid (PUFA)
Istilah lainnya adalah lemak tak jenuh ikatan ganda. Lemak yang juga baik untuk tubuh. PUFA juga terdiri dari lemak essensial omega 3 dan 6 yang baik untuk pembentukan sel dan otak pada anak. Ikan-ikanan seperti ikan salmon, tuna, tenggiri dan kakap adalah sumber dari PUFA selain terdapat pula pada olahan kedelai seperti tempe, tahu, serta pada touge dan alpukat.

Saturates Fatty Acid (SAFA)
Merupakan lemak jahat yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Disebut juga dengan nama lemak jenuh. Lemak jenis ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di pembuluh darah sehingga aliran darah tersumbat. Penyakit yang dapat diakibatkannya antara lain penyakit jantung koroner, hipertensi, dan hiperkolesterol. Beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain kulit ayam, santan, dan gorengan. Karena buruk bagi kesehatan, konsumsi SAFA sebaiknya diminimalkan.

Jadi, lemak adalah zat yang tidak sepenuhnya harus dihindari. Lemak justru dapat memberikan manfaat yang besar dalam tubuh dan hidup anda. Asalkan anda dapat mengkonsumsi lemak dengan seimbang dan sesuai aturan. Jangan terlalu sering anda mengkonsumsi lemak terutama lemak jenuh. Apabila terpaksa dikonsumsi sebisa mungkin anda menyeimbangkan dengan zat – zat lain yang juga berguna bagi tubuh. Serta, jangan lupa untuk berolahraga dan minum air secara teratur untuk membakar kelebihan lamak yang ada dalam tubuh anda.

Bagaimana menurut anda?

Sekadar berbagi
Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More