Search

FeedBurner FeedCount

Selasa, 22 Mei 2012

Jogging : Rahasia Panjang Umur

Ini dia salah satu rahasia panjang umur yang relatif mudah dilakukan dan murah. Inilah  lari santai atau jogging. Anda sebaiknya melakukan dua atau tiga kali dalam seminggu. Para ilmuwan menuturkan bahwa jogging dapat memperpanjang usia dan harapan hidup hingga enam tahun.

Di Denmark, pria atau wanita yang melakukan jogging secara rutin mengalami penambahan rata-rata harapan hidup antara lima hingga enam tahun. Manfaat paling besar dari jogging akan diperoleh jika  dilakukan dengan santai, dan cukup untuk membuat nafas sedikit terengah-engah.

"Hasil riset kami dengan jelas menjawab apakah jogging bermanfaat untuk kesehatan Anda. Kami bisa mengatakan bahwa jogging secara teratur memperpanjang umur. Kabar baiknya adalah Anda tak perlu melakukannya terlalu keras untuk mendapatkan manfaatnya," ungkap pakar kesehatan jantung Denmark, Dr Peter Schnohr, yang melibatkan 2.000 pria dan wanita dalam studinya.

Riset yang dipimpin Dr Schnohr melibatkan 20.000 pria dan wanita Denmark berusia 20 hingga 93 tahun sejak  1976. Riset ini menunjukkan bahwa dibandingkan kelompok yang tak pernah jogging, risiko kematian baik pada pria maupun wanita yang rutin jogging menurun hingga 44 persen. Data menunjukkan, dengan mempertimbangkan  faktor usia, jogging dapat meningkatkan harapan hidup pria hingga 6,2 tahun lebih panjang dan pada wanita 5,6 tahun lebih panjang.

Menurut para peneliti, paling ideal jogging dilakukan selama satu hingga  2,5 jam dalam satu sesi dengan kecepatan sedang. Dalam seminggu, jogging juga sebaiknya dilakukan antara dua hingga tiga kali.

Ya, jogging mudah untuk dikerjakan. Luangkan waktu sejenak untuk berjogging. Tak perlu cepat – cepat santai saja asalkan dapat menghasilkan keringat dan nafas Anda sedikit terengah – engah. Nikmati suasana alam yang asri sambil berjogging dan ajak pula kawan – kawan Anda!

Selamat mencoba !
Sekadar berbagi,
Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More