Search

FeedBurner FeedCount

Selasa, 22 Mei 2012

Kombinasi Olahraga dan Main Komputer Perkecil Risiko Pikun


Penelitian oleh para ilmuwan dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa kombinasi antara berolahraga dan main computer dapat memperkecil risiko pikun sebagai gejala terjadinya Alzheimer.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 920 relawan di Olmsted County, Minnesota  berusia 70-93 tahun. Mereka  diminta untuk mengisi kuisioner tentang intensitas penggunaan komputer dan aktivitas fisik dalam kurun waktu setahun sebelumnya.

Setelah dilakukan pengisian ditemukan bahwa tanda-tanda penurunan kognitif ringan pada hampir 38 persen dari partisipan yang tidak berolahraga dan tidak menggunakan komputer, dibandingkan dengan hanya lebih dari 18 persen dari mereka yang melakukan olahraga ringan dan juga menggunakan komputer.

Penelitian ini juga menemukan bahwa sekitar 36 persen dari peserta yang melakukan latihan moderat dan menggunakan komputer memiliki fungsi memori yang normal, dibandingkan sekitar 20 persen dari mereka yang tidak berolahraga atau menggunakan komputer.

Olahraga moderat meliputi jalan cepat, aerobik, latihan kekuatan, golf, yoga, seni bela diri, angkat besi dan penggunaan beberapa mesin olahraga.

Namun, masih diperlukan penelitian kembali. Dikarenakan belum diketahui hubungan sebab-akibat antara latihan gabungan dan penggunaan komputer terhadap fungsi memori yang lebih baik.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk melakukannya. Yang perlu diingat, harus seimbang. Ya harus seimbang antara olahraga dan main komputer. Jangan terlalu lama bermain komputer karena bisa merusak mata. Jangan juga terlalu lama berolahraga agar tidak kelelahan.

Jadi, keseimbangan dalam berolahraga dan main komputer akan sangat bermanfaat bagi Anda. Terutama mengurangi risiko pikun sebagai gejala terjadinya Alzheimer.

Selamat mencoba!
Sekadar berbagi,
Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More