Search

FeedBurner FeedCount

Kamis, 26 April 2012

5 Tips Menjaga Kesehatan


Kali ini sya memposting artikeltentang menjaga kesehatan.walaupun mungkin ini merupakan cara – cara yang sudah biasa, namun tak apalah untuk dishare kembali.

Langsung saja ya!

Yang pertama : Makan Makanan sehat secara teratur
Makan adalah kebutuhan vital setiap makhluk hidup. Dengan makan, maka tubuh akan menjadi kuat. Dengan makan pulalah kesehatan kita juga semakin meningkat.

Dengan catatan,makanan yang anda makan merupakan makanan yang sehat. Jika makanan yang kita makan merupakan makanan maka tidak akan merugikan tubuh. karena, juga tidak menimbulkan penyakit. Saya pernah dengar dari guru saya bahwasebagian makanan yang muncul dalam tubuh kita berasal darimakanan yang kita makan.

Yang kedua : Olahraga Teratur
Hidup aktif akan membuat organ tubuh bekerja secara optimum dan tidak terkejut ketika bekerja berat. Seperti pemain bola itu lho, yang selalu pemanasan sebelum bertanding. Dengan olahraga, membuat tubuh anda semakin bugar, menghilangkan kejenuhan dan juga awet muda. Hehe :D

Yang ketiga : istirahat teratur
Seperti mesin yang membutuhkan istirahat agar tidak rusak. Juga demikian pada tubuh anda. Bayangkan saja mesin yang keras bekerja terus – menerus bisa rusak. Bagaimana dengan tubuh kita yang lunak?

Jawabnya, bisa lebih parah rusaknya.

Benar, tubuh anda juga memerlukan istirahat. Ini diperlukan agar tidak terjadi hal – hal yang membahayakan akibat kelelahan dalam bekerja.

Istirahat bisa dibagi menjadi dua. Yaitu istirahat fisik dan pikiran. Istirahat fisik bisa dilakukan dengan tidur. Sedangkan istirahat pikiran bisa dilakukan dengan berrekreasi atau bersantai – santai. Yang penting hilangkan pikiran sejenak menegenai pekerjaan yang anda lakukan sebelumnya.

Yang keempat : Minum yang teratur
Dengan minum teratur, tubuh kita bisa terhindar dari dehidrasi. Perlu diketahui karena dehidrasi bisa terjadi hipertensi, sulit tidur, penyakit ginjal, dll. Air menyususun sekitar 70% tubuh anda. Namun air mudah sekali keluar dari tubuh. Untuk itu anda harus menghindarinya dengan minum yang teratur. Menurut referensi yang saya baca, konsumsi air yang ideal adalah dua liter per hari. Sehingga saya menyarankan anda untuk meminum 8 s.d. 10 gelas air tiap hari. Oh iya, utamakan minum air putih ya :D

Yang kelima : Berkunjung kerumah sanak saudara
Koq berkunjung kerumah sanak saudara ? dari segi agama dengan berkunjung ke rumah sanak saudara akan membuat kita menjadi senang dan menghilangkan kejenuhan pikiran. Ketika kita merasa senang dan pikiran tenang maka kesehatan juga terjaga. Sebab, dalam sebuah penelitian diperoleh bahwa rasa senang akan membuat ekspresi gen positif  yang  mana akan menutupi ekspresi gen negatif. Sehingga penyakit dalam luar atau dalam tubuh bisa ditanggulangi.  

Saya menyarankan palaing tidak dua minggu sekali atau satu bulan sekali sempatkanlah berkunjung ke rumah sanak saudara. Utamakan untuk mengunjungi sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu. Selain menambah rasa senang juga untuk melapas rindu. Kalau saya biasanya malah seminggu sekali :D hehe

Bagaimana menurut anda?
Selamat menciba,
Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More