Search

FeedBurner FeedCount

Senin, 23 April 2012

Apakah Batuk Itu Penyakit?


Siapa coba yang tidak pernah batuk??? Saya yakin semua orang pasti mengalami batuk. Tak terkecuali saya hehe :)

Lalu, muncullah sutau pertanyaan, Apakah batuk itu penyakit???? Menurut buku – buku yang saya baca mengungkapkan kalau batuk bukanlah penyakit. Menurut yang saya baca juga, batuk merupakan salah satu upaya mengeluarkan zat asing dari dalam tubuh. batuk dapat terjadi apabila ada zat asing yang memasuki tubuh misalnya debu, virus, dan bakteri.

Batuk sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa kategori. Menurut waktunya dibedakan menjadi batuk akut dan batuk kronis. Sedangkan menurut hasilnya ada batuk kering dan batuk basah. Saya akan coba jelaskan satu persatu ya :D

Batuk akut
Batuk akut merupakan batuk yang terjadi selama kurang dari tiga minggu. Biasanya zat asing yang masuk tubuh bukan merupakan zat yang tidak terlalu berbahaya. Kondisi badan yang sehat sangat membantu terjadinya batuk akut bila ada zat asing yang menyerang tubuh.

Batuk Kronis
Batuk kronis merupakan batuk yang terjadi selama lebih dari tiga minggu. Baisanya zat asing yang masuk tubuh bukan merupakan zat asing yang cukup sampai sangat berbahaya. Kondisi tubuh yang tidak fit akan mendukung terjadinya batuk kronis. Salah satu contoh zat asing yang berperan adalah Mycobacterium tuberculosis bakteri penyebab tuberculosis.

Batuk kering
Batuk kering merupakan batuk biasa atau batuk yang tidak menghsilkan dahak.

Batuk basah
Batuk basah merupakan kebalikan batuk akut. Batuk ini menghasilkan dahak.

Selain itu, ada juga batuk psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.

Saran saya, apabila batuk yang anda derita tidak henti maksudnya intensitas batuk sangat sering sebaiknya anda segera konsultasikan batuk anda kepada petugas kesehatan. Untuk berjaga – jaga apabila tubuh terserang zat asing yang berbahaya. Sehingga penyembuhan juga semakin mudah dan cepat. Hehe J

Bagaimana menurut anda? Mungkin anda memiliki pendapat lain?
Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More