Search

FeedBurner FeedCount

Sabtu, 19 Mei 2012

Tidur Kurang Tingkatkan Resiko Terjadinya Kanker


Kali ini saya akan membagikan tentang pengaruh waktu tidur yang kurang terhadap kesehatan Anda. Langsung saja ya!

Salah satu yang timbul dalam kondisi kurang tidur adalah kanker. Jadi, bagi anda yang memiliki waktu tidur yang sedikit perlu berhati – hati. Sebab banyak penelitian yang menyatakan kebeiasaan tersebut meningkatlkan resiko terjadinya kanker.

Sebuah studi di Amerika, yang melibatkan sekitar 6.000 perempuan menyebutkan bahwa waktu tidur kurang dari tujuh jam tiap malam memiliki resiko 47% terserang kanker dibandingkan dengan orang yang relatif lebih banyak tidurnya di malam hari.

Seorang peneliti dari National Cancer Institute bernama Jame McClain mengatakan bahwa memang belum jelas alasan mengapa orang yang tidurnya kurang bisa lebih rentan terserang penyakit kanker. Namun, kenyataan dilapangan menunjukkan orang yang memiliki aktifitas fisik cukup dan mampu mengatur jam tidur yang baik (antara 6-7 jam) memliki performa kesehatannya yang baik pula.

Sejak tahun 1985 s.d. 2006 jumlah orang yang  tidur selama kurang 6-7 jam tiap malam meningkat. Hal tersebut tentu dapat dimaklumi karena berbagai alasan yang sangat berkaiatan erat dengan kondisi kehidupan modern seperti tuntutan pekerjaan, jam bisnis yang panjang, ataupun tingkat stres seseorang.

Lalu, seberapa besar kebutuhan tidur seseorang?

Sebuah jurnal penelitian yang terbit tahun 2008, menyebutkan bahwa ketika kelompok usia muda dan tua diminta berada di tempat tidur selam 16 jam dalam keadaan gelap beberapa hari,  menunjukkan peserta tua membutuhkan waktu 7,5 jam untuk tidur. Sedangkan peserta muda membutuhkan waktu 9 jam untuk tidur.

Merujuk pada data penelitian tersebut terungkap bahwa kebutuhan tidur kalangan muda lebih banyak karena aktifitas kesehariannya yang lebih padat dibandingkan dengan kelompok tua. Sedangkan untuk usia anak-anak pra-sekolah membutuhkan waktu 11 jam untuk tidur tiap hari. Anak usia sekolah membutuhkan waktu selama 10 jam, remaja selama 9 jam, dan dewasa antara 7-8 jam.

Bagi Anda yang ingin menjaga kondisi prima tidak ada salahnya untuk mengikuti saran di atas.

Selamat mencoba
Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More