Search

FeedBurner FeedCount

Selasa, 01 Mei 2012

Jantung : Pemompa Kehidupan


Kali ini saya berbagai tentang salah satu organ terpenting tubuh kita. Iya, kali ini saya akan berbagi mengenai jantung. Organ yang bertugas memompa darah keseluruh tubuh. Untuk itu, yuk langsung simak hamparan kata – kata dibawah ini. Hehe :D

Jantung merupakan organ yang sangat penting pada proses peredaran darah. Jantung manusia terdiri atas empat ruang, yaitu atrium kanan dan kiri serta ventrikel kanan dan kiri. Secara struktur, didnding atrium lebih tipis daripada dinding ventrikel. Adapun dinding ventrikel kiri lebih tebal daripada ventrikel kanan. Hal ini karena ventrikel kiri memerlukan kekuatan yang besar untuk memompa darah keseluruh tubuh.

Setiap ruang dalam jantung dipisahkan oleh sekat dan katub. Antara atrium kiri dan kanan dipisahkan oleh sekat atrioreum. Sedangkan antara ventrikel kiri dan kanan dipisahkan oleh sekat interventrikularis. Untuk atrium kanan dan ventrikel kanan dibatasi oleh katub trikuspidalis. Sementara antara atrium kiri dan ventrikel kiri dibatasi oleh katub bikuspidalis. Selaput dan sekat tersebut akan mencegah aliran darah salah jalan.

Jantung terselimuti oleh otot – otot jantung. Otot tersebut dikenal dengan nama miokardium. Otot ini bekerja dibawah kesadaran dan memiliki percabangan. Dengan adanya percabangan ini memungkinkan otot jantung untuk relaksi dalam waktu sepersekian detik. Jantung juga memiliki nodus SA yang berfungsi mengetur irama detak jantung.

Beberpa kelainan dan penyakit yang ada dapat pula mengganggu kerja jantung. Salah satu contohnya adalah jantung kororner. Penyakit ini disebabkan oleh terganggunya aliran darah pada arteri jantung akibat adanya sumbatan lemak atau kapur. Hal ini akan membuat tekanan yang dikeluarkan juga semakin besar seiring semakin banyaknya sumbatan. Sehingga timbullah hipertensi. Hipertensi yang berlebihan akan membuat kelelahan jantung yang pada akhirnya berujung pada serangan jantung dan pecahnya pembuluh darah. Pada kondisi yang paling parah bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, saya sarankan untuk menjaga jantung anda. Caranya bisa dengan berolahraga, makan makanan yang sehat, istirahat teratur, dan sabar dalam menjalani kehidupan.  Dengan begitu, lemak atau kapur tidak akan menyumbat pembuluh darah, jantung bekerja dengan normal, tekanan darah normal dan anda bisa terhindar dari penyakit jantung.

Bagaimana menurut anda?
Sekadar berbagi, semoga bermanfaat :D 

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More