Search

FeedBurner FeedCount

Selasa, 15 Mei 2012

Leukimia dan Cara Mengentahuinya


Kembali saya memposting tentang penyakit darah. Kali ini saya mengambil leukemia. Leukemia merupakan kanker sel darah putih yang mematikan. Sulit untuk disembuhkan. Sel tersebut akan menyerang sel – sel lain yang ada disekitarnya tak terkecuali sel darah merah.

Leukemia belum banyak diketahui. Namun, orang yang sering terkena radiasi dan zat kimia tertentu lebih memiliki kemungkinan untuk menderita leukemia. Selain itu, orang yang memiliki kelainan genetk tertentu (misalnya sindroma Down dan sindroma Fanconi), juga lebih peka terhadap leukemia.

Untuk mengetahui terjadinya leukemia, dapat dilakukan beberapa cara berikut,
Tes fisik.
Dokter Anda akan mencari tanda-tanda fisik leukemia, seperti kulit pucat seperti anemia dan pembengkakan di kelenjar getah bening, hati dan limpa.

Tes darah.
Dengan melihat contoh darah Anda, dokter Anda dapat menentukan apakah Anda memiliki tingkat abnormal sel-sel darah putih atau trombosit - yang mungkin leukemia.

Imunofenotipe.
Imunofenotipe membantu menentukan apakah peningkatan jumlah limfosit dalam darah Anda disebabkan oleh proses reaktif - seperti sebagai reaksi terhadap infeksi atau peradangan - atau proses kanker. Hal ini juga membantu membedakan sel leukemia limfositik kronis dari jenis leukemia dan limfoma.

Cytogenetic analisis.
Tes ini mendeteksi perubahan dalam kromosom, termasuk keberadaan kromosom Philadelphia. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan mikroskop biasa atau laboratorium yang lebih modern teknologinya yang disebut fluorescence in situ hibridisasi (IKAN).

Sampel sumsum tulang.
Jika dokter Anda mencurigai leukemia, ia mungkin akan mengarahkan Anda ke dokter yang mengkhususkan diri dalam kanker (onkologi) atau dokter yang mengkhususkan diri dalam darah (hematologist). Spesialis ini dapat menggunakan jarum untuk menghapus sampel sumsum tulang Anda untuk mencari sel-sel leukemia.

Demikian kiranya posting tentang leukemia dan cara mengetahuinya.
Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar

Bahasa Lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More